sponsor

» » Macam-macam Maksiat

Perbuatan maksiat itu ada dua macam : meninggalkan kewajiban atau melakukan sesuatu yang dilarang. Yang pertama adalah perbuatan maksiat yang pernah dilakukan iblis, karena dia telah
perbuatan dosa maksiatmeninggalkan sesuatu yang di wajibkan padanya. Dia diperintah untuk sujud tetapi dia enggan. Berikutnya adalah perbuatan maksiat yang pernah dilakukan oleh Nabi Adam a.s. Dia tidak diperbolehkan memakan buah pohon terlarang tapi dia memakannya.
Perilaku maksiat juga terbagi pada sesuatu yang berhubungan dengan hak Allah Swt. Dari segi asal mulanya, maksiat itu terbagi menjadi empat macam : Rububiyyah (tindak maksiat yang diakibatkan meniru sifat ketuhanan), Syaythoniah (tindak maksiat yang diakibatkan meniru sifat setan), Bahimiyyah (tindak maksiat yang diakibatkan meniru sifat hewan ternak), dan Saba’iyyah (tindak maksiat yang diakibatkan meniru sifat binatang liar).
1. Maksiat Rububiyyah adalah penyerupaan terhadap sifat-sifat Allah Swt. Kebesaran, kesombongan, kemuliaan, keagungan, kekayaan, pemaksaan, dan penguas aan adalah sifat-sifat Allah Swt. Siapa saja yang meniru sifat-sifat tersebut, berarti berarti ia telah mengambil hak rububiyyah yang tidak pantas dimilikinya.
2. Maksiat Syaythoniah adalah tindakan maksiat akibat meniru sifat-sifat setan. Diantara sifat-sifatnya adalah dengki, ingkar, memperdaya, menipu, merayu, munafik, mengajak untuk berbuat maksiat dan melakukan perbuatan yang sesat.

3. Maksiat Bahimiyyah adalah tamak dan rakus untuk memenuhi nafsu perut dan seks. dari sinilah timbul perzinahan, pencurian, makan harta anak yatim, dan menggunakan segala cara yang diharamkan untuk mencapai keinginan
4. Maksiat Saba’iyyah adalah amarah dan iri hati. Dari sifat inilah muncul kejahatan pembunuhan, penindasan dan penyiksaan terhadap makhluk.
(Kitab Thoharul Qulub wa Al-Khudhu’ li Allamil Al-Ghuyub Karya Al-‘Arif Billah Sayyid ‘Abdul ‘Aziz Al-Darini)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 komentar:

  1. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Kaos Dakwah Terbaru

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Mungkin Kau Sering Lupa Kebaikan Istrimu

    ReplyDelete