sponsor

» »Unlabelled » Rasulullah Menurut Intelektual Barat Non Muslim

Runtuhnya menara kembar WTC dan hancurnya gedung Pentagon pada tanggal 11 September 2001, merupakan titik puncak kebencian Barat terhadap Islam. Begitu diketahui bahwa pelaku penghancuran dua gedung tersebut adalah 19 orang muslim ekstrimis, serentak masyarakat barat menderita alergi Islam. Mereka menganggap ajaran-ajaran Islam itu sesat. Lecehan dan hinaan terhadap Rasulullah pun turun bagai hujan abadi. Terasa kering tenggorokan dan sesak dada ini, ketika membaca beberapa tulisan bernada miring di internet tentang beliau. 
Menariknya, di sela-sela hujan hujatan tidak berdasar tersebut, terdapat pandangan obyektif dari beberapa intelektual Barat non muslim yang menunjukkan bahwa Rasulullah Muhamammad Saw adalah manusia agung. Siapa saja mereka ? Inilah beberapa diantaranya :

Anne Marie Schimmel 
Semasa hidupnya, Anne Marie Schimmel adalah profesor di bidang Indo-Muslim, Harvard University, Amerika Serikat. Pandangannya terhadap Rasulullah Saw : Bagaimana juga, kita harus selalu ingat akan satu fakta penting : meskipun Muhammad diangkat ke ketinggian yang terpuji dan mencapai kedudukan yang dapat diperbandingkan, dalam cara tertentu, dengan kedudukan Logos dalam teologi Kristen, bahkan sebagai Manusia sempurna, dia tetaplah 'abduhu-hamba Tuhandan makhluk ciptaan-Nya, yang paling dicintai diantara semua ciptaan-Nya. Sang Profesor meninggal dunia di usia 80 tahun pada tanggal 26 Januari 2003. 
 


Bernard Lewis 
adalah seorang profesor emeritus bidang sejarah Islam di Princeton University, New Jersey, Amerika Serikat. Dia telah banyak menelurkan buku tentang Islam dan Timur Tengah serta telah menjadi dosen tamu di berbagai universitas, baik dalam ataupun di luar Amerika Serikat. Pandangannya terhadap Rasulullah Saw : Ketika Muhammad meninggal dunia pada tahun 632, ramalan dan misi spiritualnya telah selesai. Meskipun begitu, tugas keagamaannya tetap hidup : untuk memelihara dan mempertahankan agama serta hukum Islam dan membawa ajaran tersebut kepada umat manusia. 




Karen Armstrong  
Dia adalah seorang dosen bidang studi Judaism di Leo Baeck College, Inggris. Pandangannya terhadap Rasulullah Saw : Jika kita bisa memandang Muhammad seperti kita memandang tokoh sejarah penting lainnya kita pasti akan menganggap dia salah seorang jenius yang pernah di kenal dunia. 



Huston Smith 
Dia dikenal sebagai guru utama tentang agama-agama dunia. Dia adalah seorang profesor emeritus bidang Filsafat dan Agama di Syracuse University, New York, Amerika Serikat. Pandangannya terhadap Rasulullah Saw ; Dari awal kedatangannya ke Madinah, Muhammad menunjukkan peran yang berbeda. Dari kenabian dia terpaksa menuju ke pemerintahan. Pendakwah yang saleh ini menjadi seorang politisi yang handal; sang nabi berubah menjadi seorang negarawan. Kita dapat melihat dia sebagai tuan bukan saja bagi jantung sekelompok umat melainkan jantung kehidupan kolektif sebuah kota, hakim dan jendralnya sekaligus gurunya.



John Voll
Adalah seorang profesor di bidang sejarah Islam dan aktif di Center for Muslim Christian Understanding and the History Department di Georgetown University, Amerika Serikat. Pandangannya terhadap Rasulullah Saw. Bagaimanapun juga Muhammad memainkan peranan sebagai utusan Tuhan dan dia juga adalah contoh terbaik tentang bagaimana manusia seharusnya hidup dalam bimbingan wahyu. Karena alasan inilah kekhususan hidup Muhammad dianggap penting bagi semua manusia? 




Sumber : Buku Islam Pilihanku! Pengalaman Spiritual Para Muallaf di Negara Barat 
Penulis : Renaldi
Penerbit : Pustaka Ulumuddin

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply