sponsor

» » Ahli Ibadah Yang Tertipu Dengan Ibadahnya

Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Imam Hakim dari Jabir Radliallahu Anhu : bahwa suatu ketika Rasulullah Saw. keluar menemui kami, lalu berkata Jibril : 

يا محمد والذي بعثك بالحق إن لله عبدا من عباده عبد الله خمسمائة سنة على رأس جبل فى البحر, عرضه وطوله ثلاثون ذراعا والبحر محيط به أربعة آلاف فرسخ من كل ناحية وأخرج له عينا عذبة بعرض الاصبع تفيض بماء عذب فيستنقع (اي يجتمع) فى اسفل الجبل شجرة رمان تخرج له فى كل ليلة رمانةا يتعبد يومه فإذا أمسى نزل فأصاب من الوضوء وأخذ تلك الرمانة فأكلها ثم قام لصلاته فسأل ربه عند وقت الاجل أن يقبضه ساجدا وأن لا يجعل للأرض ولا لشيء يفسده عليه سبيلا حتى يبعثه الله وهو ساجد. قال ففعل فنحن تمر عليه إذا هبطنا وإذا عرجنا فنجد له فى العلم أنه يبعث يوم القيامة فيوقف بين يدي الله فيقول له الرب : أدخلوا عبدي الجنة برحمتي فيقول رب بل بعملي فيقول الله قايسوا عبدي بنعمتي عليه وبعمله فتوجد نعمة البصر قد أحاطت بعبادة خمسمائة سنة وبقيت نعمة الجسد فضلا عليه فيقول أدخلوا عبدي النار فيجر الى النار فينادي : رب برحمتك أدخلني الجنة فيقول : ردوه فيوقف بين يديه فيقول من أنزلك فى جبل وسط اللجة وأخرج لك الماء العذب من الماء المالح وأخرج كل ليلة رمانة وإنما تخرج مرة فى السنة وسألته أن يقبضك ساجدا ففعل ؟؟ فيقول أنت يا رب قال فذلك برحمتي وبرحمتي أدخلك الجنة أدخلوا عبدي الجنة فنعم العبد كنت يا عبدي فأدخله الله الجنة قال جبريل إنما الأشياء برحمة الله يا محمد

Wahai Muhammad demi Allah yang mengutusmu dengan membawa agama yang benar, sesungguhnya Allah
mempunyai seorang hamba yang menyembah Allah selama 500 tahun di puncak sebuah gunung. Panjang dan lebarnya 3 hasta kali 30 hasta. Lautan mengelilinginya sejauh 4000 farsakh dari setiap arah. Allah mengeluarkan baginya sebuah mata air yang tawar selebar jari yang memancarkan air tawar dn berkumpul di lereng gunung dan sebotong pohon delima yang setiap malam mengeluarkan sebuah delima untuk bekalnya beribadah di hari itu. apabila tiba waktu sore, ia turun dan mengambil air wudu dan mengambil delima itu, lalu memakannya. Kemudian ia mengerjakan shalatnya. Ia memohon kepada Tuhannya agar memcabut nyawanya dalam keadaan sujud di saat kematiannya dan tidak membiarkan tanah dan sesuatu apa pun merusaknya hingga Allah membangkitkannya dalam keadaan sujud.
Jibril berkata : Maka Allah mengabulkan permintaannya. Kami selalu melewatinya ketika kami turun dan ketika kami naik. Kami diberi tahu bahwa ia di bangkitkan pada Hari Kiamat, lalu dihadirkan di hadapan Allah. Ar-Rab berkata : Masukkan hambaku ke dalam surga dengan rahmat-Ku. Ahli ibadah itu berkata : Ya Rabb, dengan amalku, Allah berkata : Bandingkan nikmat-Ku pada hamba-Ku dengan amalnya. Ternyata nikmat penglihatan telah mengalahkan ibadah 500 tahun. Tinggallah, nikmat tubuh sebagai kelebihan atasnya. Maka Allah berkata : Masukkan hamba-Ku ke dalam neraka. Kemudian ia diseret ke neraka. Maka ia berseru : Ya Rabb, dengan rahmat-Mu, masukkanlah aku ke dalam surga. Kemudian Allah berkata : Kembalikan dia! maka ia dihadirkan di hadapan-Nya. 
Allah berkata : Wahai hamba-Ku, siapa yang menciptakanmu sedangkan engkau dulu bukan apa-apa ? ia menjawab, Engkau Ya Rabb. Allah berkata : siapa yang menguatkanmu untuk beribadah selama 500 tahun ? ia menjawab, Engkau Ya Rabb. Allah berkata : siapa yang menurunkanmu di gunung di tengah gelombang laut dan mengeluarkan bagimu air tawar dari air asin serta mengeluarkan setiap malam sebuah delima yang biasanya keluar sekali dalam setahun ? Dan siapa yang kamu memohon kepada-Nya agar mencabut nyawamu dalam keadaan sujud dan Dia mengabulkan do'amu ? orang itu menjawab : Engkau, Ya Rabb. Allah berkata : Semua itu dengan rahmat-Ku dan dengan rahmat-Ku Aku memasukkanmu ke dalam surga. Masukkan hamba-Ku ke dalam surga!. Sungguh engkau sebaik-baik hamba. Maka Allah memasukkannya ke dalam surga. Jibril berkata : Sesungguhnya segala sesuatu itu disebabkan rahmat Allah, ya Muhammad.  

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply