sponsor

» » Perbedaan Antara Bersegera dan Tergesa-gesa

Bersegera merupakan penggunaan kesempatan pada waktunya dan tidak meninggalkannya sehingga luput dari pencariannya. Dia tidak mencari urusan setelah atau sebelum waktunya, maka dia bersegera mencarinya dan melompat layaknya lompatan singa ke arah mangsanya. Yang demikian ini serupa dengan orang yang segera memetik buah ketika sudah tiba waktu masaknya.


Sedangkan tergesa-gesa ialah mengambil sesuatu sebelum waktunya, karena hasratnya yang terlalu menggebu. Hal ini serupa dengan orang yang memetik buah sebelum waktu masaknya.
Bersegera terletak di antara dua sifat yang tercela :
Pertama : mengabaikan dan menyia-nyiakan.
Kedua : terburu-buru sebelum tiba waktunya. Karena itu disebut, bahwa tergesa-gesa termasuk sebagian dari perbuatan syaitan, yaitu suatu dorongan di dalam diri hamba yang menghalanginya untuk teguh hati, menjaga kehormatan dan lemah lembut yang mengharuskan peletakan sesuatu bukan pada tempatnya, mendatangkan berbagai macam keburukan , menghalanginya dari berbagai macam kebaikan, serupa dengan penyesalan. Jarang sekali orang-orang yang tergesa-gesa melainkan di belakang hari dia menjadi menyesal, sebeagaimana kemalasan menjadi pasangan keluputan dan kesia-siaan.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 komentar:

  1. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Kaos Dakwah Terbaru

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Mungkin Kau Sering Lupa Kebaikan Istrimu

    ReplyDelete