sponsor

» » Perbedaan Antara Ilham Malaikat dan Penyusupan Syaitan

Perbedaan Antara Ilham Malaikat dan Penyusupan Syaitan, dapat dilihat dari beberapa sisi, diantaranya :

  • Sesuatu yang dimaksudkan bagi Allah dan sesuai dengan keridhaan-Nya, serta apa yang dibawa Rasul-Nya maka itu berasal dari ilham malaikat. Sedangkan selain itu yang tidak sesuai dengan keridhaan-Nya, maka itu berasal dari penyusupan syaitan.
  • Apa yang membuahkan kepasrahan kepada Allah, menghadap, penyandaran kepada-Nya, penyebutan nama-Nya dan berupa hasrat yang membawa kepada-Nya, maka itu berasal dari ilham malaikat. Sedangkan yang membuahkan kebalikannya, maka itu berasal dari penyusupan syaitan.
  • Yang menghasilkan sentuhan dan cahaya di dalam hati serta kelapangan di dada, maka itu berasal dari ilham malaikat. Sedangkan yang menghasilkan kebalikannya maka itu berasal dari penyusupan syaitan.
  • Yang menghasilkan ketenangan dan ketentraman maka itu berasal dari malaikat. Sedangkan yang menghasilkan keresahan, keguncangan dan kegundahan maka itu berasal dari syaitan.
Ilham yang berasal dari malaikat bertambah banyak di dalam hati yang bersih dan suci, yang disinari dengan cahaya Allah. Malaikat mempunyai hubungan dengan hati itu, dan diantara keduanya ada kesesuaian. Malaikat adalah baik dan suci yang tidak berdampingan kecuali dengan hati yang sesuai dengan keadaannya. Kunjungan malaikat terhadap hati ini lebih banyak daripada kunjungan syaitan. Sedangkan hati yang gelap, yang menghitam karena asap syahwat dan syubhat, maka penyusupan dan kunjungan syaitan lebih banyak daripada kunjungan syaitan. 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply